Pages

Mata yang cantik tentu dambaan setiap wanita, untuk itu produsen make up terus berinovasi dengan beragam produk kosmetik untuk mata. Salah satunya adalah Eyeliner, dengan sedikit saja tinta hitam di atas garis kelopak mata dapat mempertegas mata dan menjadikan pemiliknya lebih elegan. Trik Adobe Photoshop kali ini akan membantu mempercantik foto tanpa make up dan membuatnya lebih berwarna. Ikuti langkah-langkah berikut ini:
Pada dasarnya pengaplikasian eyeliner hampir sama dengan eyeshadow. Buka file foto yang akan diedit di Adobe Photoshop. Klik kanan pada layer Background dan klik Duplicate Layer.
Duplikat
Duplikat
Zoom in hingga fokus di area mata dan buat layer baru di atas Background Copy dengan mengklik New Layer.
Zoom in dan Buat Layer Baru
Zoom in dan Buat Layer Baru 
Pilih warna eyeliner yang akan digunakan di tab Swatches; umumnya eyeliner berwarna hitam. Supaya hasil eyeliner lebih rapi, gunakan Pen Tool. Buat titik-titik pointer mengikuti garis kelopak mata (lihat gambar), untuk efek winged-eyes buat hingga sedikit keluar dari garis kelopak mata dan membentuk ekor kecil. Tinggalkan sejenak dan beralih ke Brush Tool.
Pen Tool
Pen Tool
Klik Brush Tool, pilih jenis Hard Round dengan mengklik pada tool bar yang muncul setelah Brush Tool diklik (lihat gambar). Pilih ukuran yang sekiranya tidak terlalu besar, pada contoh ukuran kuas sebesar 5px. Mungkin akan berbeda pada foto yang lain, mainkan ukuran kuas untuk mendapatkan hasil yang lebih sesuai.
Select Brush
Select Brush
Sekarang adalah mengaplikasikan brush ke kelopak mata, kembali klik Pen Tool dan klik kanan pada foto, klik Stroke > Brush > OK. Pastikan untuk melakukan tahap ini di layer baru yang sudah dibuat di tahap pertama tadi.
Stroke
Stroke
Kini eyeliner sudah separuh jadi, tetapi bulu mata jadi tidak kelihatan. Ubah Blending dari Normal menjadi Multiply, klik kanan Layer > Duplicate Layer. Pada layer eyeliner pertama, ubah Opacity sampai warnanya menjadi abu-abu tua (sedikit lebih muda dari hitam). Pada layer duplikat, hapus eyeliner di bagian yang menutupi bulu mata. Mengingat model eyeliner dalam contoh adalah winged-eyes, maka rapikan ujung ekor dengan menggunakan Eraser (bentuk Soft/Hard Round). Buat hingga bagian ujungnya melengkung/mencuat ke atas. Demikian pula bagian pangkal, rapikan hingga bentuknya meruncing dan tidak tumpul seperti awal ketika Stroke baru diaplikasikan. Apabila garis yang ditampilkan dirasa kurang tebal/lebar, Duplicate Layer >geser sedikit di atasnya atau sampai ketebalan yang diinginkan > Merge ( Ctrl + E) > rapikan bagian ujung/ekor sampai membentuk winged-eyes dan jangan lupa bagian pangkal yang lebih meruncing.
Rapikan Eyeliner
Rapikan Eyeliner
Serupa dengan aplikasi eyeshadow, demikian pula teknik penerapan eyeliner. Tidak perlu mengulang teknik yang sama untuk mata yang lainnya, cukup tekan Shift dan klik layer warna tua, warna muda dan highlight lalu klik kanan dan klik Duplicate Layer. Kemudian akan terbentuk 3 layer duplikat, klik Move Tool dan geser layer duplikat ke sisi mata yang belum diedit (gunakan tombol keyboard untuk menggeser, supaya hasilnya lebih rata dengan sisi sebelahnya). Letakkan hingga posisinya menyamai mata di sebelahnya, balik (rotate) hasil duplikat tersebut dengan menarik pointer tengah yang ada di samping (kiri atau kanan) ke arah yang berlawanan.
Duplikat Eyeliner
Duplikat Eyeliner
Untuk menambah rona wajah, silahkan tambahkan blush on dan lipstik dengan teknik yang sudah kita pelajari sebelumnya.
Hasil Akhir Eyeliner

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment